Ada beberapa faktor yang membuat sebagian para pasangan suami istri yang memutuskan untuk mengurus anak angkat. Ya, faktor tersebut diantaranya adalah karena belum memiliki keturunan, karena rasa kasihan, dan sebagainya. Namun dari beberapa faktor tersebut, faktor belum memiliki keturunanlah yang paling mendominasi para pasangan suami istri yang memutuskan untuk mengurus anak angkat. 

Akan tetapi, dalam mengurus anak angkat akan menjadi tantangan tersendiri juga bagi orang tua angkatnya. Sebab, cara mendidik anak angkat itu bukanlah perkara yang mudah. Nah, berbicara soal parenting guide, berikut dibawah ini ada 5 cara yang tepat dalam mendidik anak angkat:

1. Pelajari Karakternya
Cara tepat yang pertama adalam mendidik anak angkat, yakni anda haris mempelajari dan memahami karakternya. Pada awalnya, mungkin anda belum terbiasa dengan karakter aslinya. Namun lama kelamaan, anda juga akan terbiasa dengan karakternya sehingga ia juga akan memahami karakter anda sebagai orang tua angkatnya. 

2. Mencintainya Dengan Tulus
Cara tepat yang kedua dalam mendidik anak angkat, yakni anda harus mencintainya dengan tulus dan penuh kasih sayang. Meski ia bukan asli darah daging anda, namun anda harus tetap mencintainya dengan tulus dan penuh kasih sayang. Dengan demikian, lambat laun anda akan menyayangi dia layaknya anak kandung sendiri.

3. Memberi Pelajaran Ilmu Agama
Cara tepat yang berikutnya dalam mendidik anak angkat, yakni anda harus memberikannya pelajaran ilmu agama. Dengan selalu memberikan pelajaran ilmu agama, bukan tidak mungkin bahwa ia kelak akan menjadi anak yang sholeh dan sholehah. 

4. Tegas
Cara tepat yang keempat dalam mendidik anak angkat, yakni anda harus tegas kepadanya. Dengan adanya ketegasan, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang disiplin dan selalu taat pada peraturan. Namun ada satu hal yang perlu anda ingat, bahwa tegas itu bukan berarti harus keras.

5. Selalu Memberikan Contoh Yang Baik
Cara tepat yang terakhir dalam mendidik anak angkat, yakni anda harus selalu memberikan contoh yang baik kepadanya. Baik itu anak angkat maupun anak kandung, yang namanya anak pasti akan meniru apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus selalu memberikan contoh yang baik kepadanya.

Itulah 5 cara yang tepat dalam mendidik anak angkat. Disamping itu, anda juga harus memberitahu ia tentang orang tua kandungnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post