Setiap umat muslim wajib mengetahui nama – nama Malaikat dan tugasnya. Sebab, beriman atau percaya kepada Malaikat – Malaikat Allah SWT termasuk rukun iman kedua yang menjadi pilar keyakinan seorang muslim terhadap agama Islam. 

Malaikat adalah bentuk jamak dari kata ‘malakun’ yang memiliki arti ‘pengutusan’. Allah SWT menciptakan Malaikat dari nur (cahaya), mereka tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah. Meski demikian, Malaikat adalah satu – satunya mahluk yang paling taat kepada Allah SWT dan selalu mengawasi perilaku manusia. 

Perintah untuk beriman kepada nama Malaikat dan tugasnya dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 285, yang artinya :

“Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang – orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat – malaikat-Nya, kitab – kitab-Nya, dan rasul – rasul-Nya…” (QS. Al-Baqarah : 285). 

Dalam agama Islam, jumlah malaikat banyak sekali dan hanya Allah SWT yang mengetahui total pastinya. Namun, setiap muslim wajib mengetahui dan mengimani 10 nama Malaikat berserta tugasnya berikut ini :

1. Malaikat Jibril
Tugas Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah SWT serta meniupkan roh ke dalam janin. Tugas tersebut disebutkan dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 102, yang artinya : 

‘Katakanlah, Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur’an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah).” (QS. An-Nahl : 102).

2. Malaikat Mikail
Tugas Malaikat Mikail adalah memberikan rezeki kepada makhluk hidup. Malaikat Mikail juga bertugas untuk mengatur panas, hujan, dan tanaman yang ada di bumi. 

3. Malaikat Israfil
Tugas Malaikat Israfil adalah meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan di hari kebangkitan. Tugas tersebut termaktub dalam Al-Quran surat Az-Zumar ayat 68, yang artinya :


“Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah).” (QS. Az-Zumar : 68). 

4. Malaikat Izrail
Tugas Malaikat Izrail adalah mencabut nyawa mahluk hidup. Tugas tersebut tertuang dalam Al-Quran surat As-Sajdah ayat 11, yang artinya :

“Katakanlah, malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)-mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan.” (QS. As-Sajdah : 11). 

5. Malaikat Raqib
Tugas Malaikat Raqib adalah mencatat semua amal baik manusia yang dilakukannya semasa hidup.

6. Malaikat Atid
Tugas Malaikat Atid adalah mencatat semua amal buruk manusia selama hidup. Tugas Malaikat Raqib dan Atid tersebut dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Qaf ayat 17-18, yang artinya :

“(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.” (QS. Qaf : 17).

7. Malaikat Munkar
Tugas Malaikat Munkar adalah menanyai manusia di dalam kubur mengenai keburukan – keburukan yang dilakukan selama hidup.

8. Malaikat Nakir
Malaikat Nakir bertugas menanyai manusia di dalam kubur mengenai kebaikan – kebaikan yang dilakukan selama hidup. 

9. Malaikat Malik
Tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka. Tanggung jawab tersebut termaktub dalam Al-Qur’an surat Az-Zukhruf ayat 77, yang artinya :

“Dan mereka berseru, ‘Wahai (Malaikat) Malik ! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja. Dia menjawab, ‘Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).” (QS. Az-Zukhruf : 77). 

10. Malaikat Ridwan
Tugas Malaikat Ridwan adalah menjaga pintu surga. 

Post a Comment

Previous Post Next Post