Pernah Mendengar Tentang Otitis Media? Inilah Penjelasan Singkat Mengenai Penyakit Tersebut -->

Pernah Mendengar Tentang Otitis Media? Inilah Penjelasan Singkat Mengenai Penyakit Tersebut

Friday, May 20, 2022, 5:58 PM


Apakah anda pernah mendengar tentang penyakit Otitis Media sebelumnya? Ya mungkin nama penyakit ini masih jarang terdengar oleh sebagian orang. Bahkan mungkin jika mendengar dari namanya, mungkin anda akan berfikir bahwa ini merupakan penyakit yang parah. Padahal penyakit Otitis Media ini bukanlah sebuah penyakit yang masuk kategori penyakit serius. Jika diberi perawatan yang baik maka penyakit ini bisa dengan mudah disembuhkan.

Penyakit Otitis Media ini sebenarnya merupakan penyakit peradangan yang terjadi di bagian tengah telinga tepatnya di saluran Eustachia. Biasanya orang yang mengalami penyakit Otitis Media ini akan merasakan nyeri di bagian telinga karena adanya penumpukan cairan di saluran tersebut. Akibatnya orang yang mengalami penyakit ini juga sering disertai dengan deman atau pusing kepala. 

Meski bukan tergolong penyakit serius tetapi cara pengobatan penyakit Otitis Media ini juga tidak bisa sembarangan. Biasanya pada orang dengan gejala ringan maka hanya akan diberikan antibiotic atau Pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakitnya. Namun pada beberapa kasus Otitis Media yang serius biasanya anda akan disarankan untuk melakukan konsulitasi dengan dokter spesialis THT.

Penyebab terbesar terjadinya Otitis Media pada telinga sebenarnya disebabkan karena adanya virus atau bakteri yang masuk dan berdiam di bagian tengah telinga. Namun bisa jadi juga seseorang terkena Otitis Media karena sebelumnya ia mengidap batuk, flu, sinusitis, atau alergi lainnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Untuk lebih jelasnya berikut ini terdapat beberapa penyebab penyakit Otitis Media pada seseorang:


1. Infeksi di saluran Eustachia
Pada telinga terdapat saluran Eustachia yang berada di bagian belakang telingan yang merupakan saluran penghubung antara saluran pernapasan dan telinga. Jadi jika saluran pernapasan mengalami infeksi atau peradangan maka secara otomatis saluran Eustachia juga akan mengalami penyumbatan. Pada akhirnya penyumbatan yang terjadi berakibat pada penyakit Otitis Media karena adanya penumpukan cairan.

2. Infeksi di bagian Adenoid
Di bagian hidung ada Adenoid yang berfungsi untuk membentuk imum dan menjaga saluran pernapasan dari adanya bakteri dan virus yang menempel. Namun jika bagian Adenoid ini mengalami infeksi maka virus dan bakteri akan masuk ke saluran pernapasan dan bisa juga masuk ke bagian telingan belakang. Dimana jika dibiarkan maka kondisi ini juga bisa semakin parah dan berujung pada penyakit Otitis Media.

Secara garis besar dua hal diataslah yang menjadi penyebab seseorang bisa terkena penyakti Otitis Media. Meski bukan tergolong ke penyakit berbahaya, tetapi tetap saja penyakit ini perlu ditangani dengan benar. Terutama jika penyakti Otitis Media ini terjadi pada anak yang masih berusia di bawah 3 tahun, sebagai orangtua anda harus sangat memperhatikan jika anak anda mengalami kondisi ini.

Selain mengetahui penyebab dari penyakit Otitis Media, anda juga perlu mengetahui gejala apa saja yang menunjukan bahwa anda mengalami Otitis Media. Berikut beberapa gejala yang sering terjadi:

- Rasa nyeri di bagian telinga
- Gangguan tidur
- Perasaan yang tidak stabil
- Demam tinggi
- Keluarnya cairan bening atau berwarna kuning dari dalam telinga
- Hilangnya keseimbangan
- Gangguan pendengaran
- Hidung tersumbat
- Turunnya nafsu makan
- Kepala pusing


Jika anda mengalami gejal – gejala diatas maka anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau tenaga medis. Biasanya anda akan diberikan antibiotic untuk meredakan penyakit tersebut. Namun jika tidak kunjung membaik maka anda bisa memeriksakan kembali kondisi anda ke dokter spesialis.


TerPopuler