Bidet merupakan salah satu perlengkapan yang biasanya kita temukan di kamar mandi. Nah dalam hal ini masih banyak yang salah faham tentang apa itu bidet dan fungsinya. Untuk itu kali ini kita akan lebih mengenal bidet dan juga fungsi serta cara menggunakannya. Nah bidet sendiri merupakan toilet khusus yang digunakan untuk membilas atau membersihkan bagian intim. Bidet merupakan perlengkapan kamar mandi yang pada umumnya digunakan setelah Anda menggunakan kloset. Bidet sendiri berbentuk seperti baskom kecil yang dapat mengeluarkan air panas atau air dingin. 

Saat ini terdapat beberapa jenis bentuk bidet mulai dari bidet tradisional yang terbuat dari keramik dan bidet modern yang pada umumnya digabungkan dengan kloset duduk. Bidet mungkin masih jarang digunakan di Indonesia. Pada umumnya bidet bisa ditemukan di toilet pada hotel atau mall di Indoneisa. Nah lalu bagaimana sih cara menggunakan bidet yang benar? Simak berikut:

  • Langkah pertama silahkan nyalakan keran dan pilih suhu air sesuai dengan yang Anda inginkan. Yang jelas Anda tidak bisa memilih air dengan suhu terlalu panas, karena yang akan dibersihkan adalah bagian intim yang sensitif. 
  • Selanjutnya silahkan letakkan kedua kaki Anda pada kedua sisi dari bidet dengan posisi duduk atau berdiri. Pastikan bagian punggung Anda menghadap ke bagian keran. 
  • Kemudian silahkan posisikan diri Anda agar dekat dengan aliran air. Nah putar keran dengan semburan yang sesuai dengan kenyamanan Anda. 
  • Langkah berikutnya silahkan bilas, lalu keringkan dengan menggunakan handuk khusus yang lembut. 
  • Setelah selesai, pastikan Anda mencuci tangan hingga bersih. 

Yang jelas fungsi dari bidet adalah sebagai pembersih bagian intim. Dalam hal ini Anda tidak diperkenankan untuk menggunakannya sebagai toilet alternatif. Bidet juga tidak bisa digunakan sebagai spa untuk merendam kaki. Dalam hal ini Anda bisa menetapkan handuk khusus yang bisa digunakan untuk mengeringkan diri setelah menggunakan bidet. Pastikan Anda juga menjaga kebersihan bidet dengan cara membersihkannya secara rutin. 

Manfaat Menggunakan Bidet
Bidet merupakan salah satu bagian dari toilet yang fungsinya adalah untuk membersihkan bagian intim. Bidet sendiri pada umumnya memiliki bentuk seperti bak kecil yang disertai dengan keran air atau sejenisnya. Memang di Indonesia sendiri bidet menjadi salah satu perlengakapan toilet yang masih jarang digunakan. Lalu sebenarnya apa sih manfaat menggunakan bidet? Nah untuk lebih jelasnya tentang menfaat menggunakan bidet, yuk simak ulasan berikut:

  • Bidet sangat bermanfaat untuk digunakan bagi seseorang dengan kemampuan mobilitas terbatas misalnya manula, orang cacat, orang yang sedang sakit, dan sebagainya. Dengan bidet, orang-orang dengan mobilitas terbatas dapat menjaga kebersihan dengan aman. Iya tentu berbeda jika menggunakan bak mandi atau shower yang justru dapat membahayakan orang-orang yang memiliki kemampuan mobilitas terbatas.
  • Bagi seseorang yang memiliki penyakit wasir, bidet tentu memiliki manfaat yang penting. Sebab dengan menggunakan bidet seseorang dapat mengurangi pengusapan pada saat membersihkan bagian intim.
  • Bidet juga sangat bermanfaat bagi wanita yang mengalami menstruasi. Pasalnya dengan menggunakan bidet, wanita yang mengalami menstruasi dapat meminimalkan bahkan mencegah risiko terjadinya viginitis, infeksi ragi, dan juga dapat membantu mengatasi bau serta meringankan rasa sakit yang diakibatkan menstruasi. 

Nah itu dia beberapa manfaat menggunakan bidet. Bagaimana nih, setelah Anda mengenal bidet apakah Anda juga tertarik untuk menggunakannya di toilet Anda?

Previous Post Next Post