Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Ketika Membeli Rumah

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Ketika Membeli Rumah

Monday, July 8, 2019, 11:27 PM

Seseorang yang belum berpengalaman untuk membeli rumah, pastinya jika dihadapkan pada keputusan untuk membeli rumah, merupakan hal yang sangat menakutkan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Proses pembelian rumah ini begitu kompleks, terutama bila dikaitkan dengan pengeluaran uang yang tak sedikit. Tetapi, sebenarnya untuk proses kepemilikan rumah ini tidaklah sekompleks yang dibayangkan. Sangat sederhana sekali dan pastinya mudah. Tentunya bila anda mampu untuk menghindari segala kesalahan yang umum terjadi dan sering dilakukan oleh mayoritas pembeli rumah yang belum punya pengalaman. Apa saja sebenarnya kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan para pembeli rumah pemula ini? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Mengabaikan penelitian dan persiapan
Kesalahan pertama yang dilakukan para pembeli rumah untuk pertama kalinya yakni sering mengabaikan proses survey dan persiapannya. Padahal untuk masalah survey dan persiapan ini sangat penting dan diperlukan agar bisa menghindari adanya kesalahan dari pembeliannya. Seorang pembeli yang bijak serta berpengalaman tntu akan mesurvey terlebih dahulu mengenai kondisi calon rumahnya berikut lokasinya. Kondisi dan lokasi rumah ini terdiri dari ukuran rumah, tampilan dari calon rumahnya, dijangkau transportasi umum atau tidak, tingkat kriminalitas di sekitar lokasi rumah, serta kedekatan rumah dengan fasilitas umum. Bila mengabaikan hal-hal seperti itu, maka nantinya anda akan menyesal setelah membeli rumahnya.

Read: Ingin tinggal di hunian Cimanggis yang nyaman? Cek di sini

2. Over budget untuk pembelian rumah
Selanjutnya, seseorang sering melakukan kesalahan ketika akan membeli rumah adalah adanya over budget. Jika anda ingin membeli rumah secara kredit atau KPR, bank akan menawarkan rumah beserta cicilannya dengan nominal yang sesuai dengan kemampuan anda. Bila ternyata melampaui dari anggarannya, maka di tengah jalan tentu anda akan menemukan banyak kendala.

3. Mengambil keputusan yang gegabah
Banyak sekali pembeli rumah yang terburu-buru untuk membayar ketika rumah yang didambakannya sudah didapat. Keputusan tersebut ternyata salah. Agen-agen properti tentu akan menambah harga bagi calon pembeli yang nampak tertarik dengane rumah yang dijualnya. Maka dari itulah, sebaiknya anda tahan dulu keinginan tersebut. Jangan sampai agen properti mengetahui bila anda sangat-sangat tertarik untuk membeli rumahnya. Selain itu jangan sampai pula untuk mengambil keputusan yang gegabah untuk proses kepemilikan rumah.

Cek juga web Permata Cimanggis: http://permatacimanggis.co.id

TerPopuler