Banyak orang mengira bahwa Raja Ampat hanyalah tempat untuk berlibur dan menikmati keindahan alamnya. Padahal, sama seperti destinasi-destinasi lain di seluruh Indonesia, Raja Ampat juga memiliki pesona kuliner yang tidak kalah sedapnya. Jangan biarkan tiket promo yang Anda dapatkan berakhir tanpa sempat menikmati berbagai santapan lezat khas setempat.

Lalu, menu apa saja yang bisa dicicipi saat setelah lelah menjelajah panorama alamnya yang indah? Simak 6 pilihannya berikut ini!

1. Papeda
 Papeda (sumber:wikipedia.org)

Bicara soal kuliner Papua, nama papeda tentu tak bisa dilewatkan begitu saja. Masakan dengan bahan dasar sagu ini tidak hanya enak tapi juga bergizi tinggi. Tekstur lembutnya yang menyerupai bubur sangat cocok disantap bersama dengan ikan. Dipadu beragam rempah-rempah dan racikan serba tradisional, menu ini wajib Anda cicipi dalam perjalanan liburan ke Raja Ampat.

1. Martabak Sagu
Sebagai bahan makanan pokok penduduk timur, sagu juga menjadi bahan utama dalam pembuatan martabak di Raja Ampat. Bentuknya yang menyerupai kue pai ini punya rasa manis dengan campuran gula merah. Sembari duduk-duduk santai menikmati panorama, martabak sagu ini akan jadi kudapan pelengkap yang akan menyempurnakan suasana liburan Anda.

2. Udang Selingkuh
Dengan perairan yang masih alami, tidak heran jika Raja Ampat memiliki beragam sajian boga bahari yang menggugah. Salah satunya adalah menu udang selingkuh ini. Namanya yang unik ini berasal dari bentuk unik yang bercapit, menyerupai kepiting. Udang ini dapat diolah dengan berbagai cara. Bisa direbus, dipanggang maupun digoreng. Disajikan bersama nasi hangat, menu ini cocok menemani acara makan siang Anda sebelum melanjutkan penjelajahan ke destinasi berikutnya.

3. Sate Ulat Sagu
Menu satu ini mungkin tidak cocok disantap oleh Anda yang penakut. Berasal dari ulat pohon sagu, masyarakat setempat kerap mengolah hewan mungil satu ini menjadi hidangan favorit yakni sate. Walaupun bentuknya sedikit aneh, namun santapan satu ini punya nilai protein yang sangat tinggi. Kalau Anda cukup bernyali, jangan lewatkan kesempatan mencicipi sate ulat sagu yang unik ini di Raja Ampat.

4. Ikan Bakar Manokwari
Selain udang selingkuh, Raja Ampat masih memiliki aneka menu makanan laut lain. Salah satunya adalah ikan bakar Manokwari. Ikan segar yang didapat dari para nelayan diolah dengan cara yang sangat sederhana. Tidak ada bumbu-bumbu khusus karena kunci dari hidangan ini adalah cara masaknya yang masih tradisional. Karena itu, Anda masih bisa benar-benar merasakan kesegaran asli ikan saat menyantapnya. Ikan bakar Manokwari kebanyakan dibuat dengan bahan baku ikan tongkol.

5. Ikan Bungkus
Ikan Bungkus (sumber:rasakhasmasakan.blogspot.com)

Kalau ikan bakar Manokwari menawarkan sajian dengan cita rasa asli ikan, maka ikan bungkus hadir dengan racikan bumbu khas setempat yang sedap. Selain rempah-rempah, tambahan penyedap rasa dan daun salam membuat kuliner Raja Ampat ini wajib Anda cicipi.

Untuk Anda yang sudah membuat itinerary kunjungan serta daftar kuliner sedap di Raja Ampat, saatnya mulai berburu tiket pesawat Batik Air menuju destinasi ini. Hanya dengan membuka aplikasi atau situs Airy, Anda bisa menemukan beragam jadwal penerbangan menuju Sorong yang akan membawa Anda ke Raja Ampat. 

Untuk urusan hotel dan akomodasi, Anda tidak perlu khawatir, karena Airy juga menyediakan layanan booking hotel yang menjamin kenyamanan dan fasilitas yang mumpuni.

Selain menjamin setiap transaksi bebas dari penipuan, manfaatkan juga fasilitas refund dan reschedule untuk kenyamanan liburan Anda.

Previous Post Next Post