6 Deteksi Dini dan Stimulasi Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Lahir Prematur


Setiap anak dilahirkan unik, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Meskipun ada acuan tentang tumbuh kembang anak sejak 0 bulan, tidak ada yang sempurna.  Masyarakat meyakini bahwa jarang sekali anak yang optimal di pertumbuhan dan perkembangan sekaligus.  Demikian pula dengan tumbuh kembang bayi prematur.  Acuan adalah rujukan optimal.  Tumbuh kembang banyak dipengaruhi faktor lain, seperti nutrrisi, stimulasi, genetika, dan lingkungan.

Ilustrasi
Orang tua dengan bayi lahir prematur hendaknya mengetahui tahapan tumbuh kembang anak dan deteksi dini.  Deteksi dini dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi lahir prematur, yaitu:

1. Pendengaran
Faktor pertama dari bayi yang dapat dideteksi segera adalah pendengaran.  Bayi normal akan terkejut jika mendengar suara dengan nada tinggi.  Orang tua harus mewaspadai bayi yang terlalu tenang saat tidur.

2. Penglihatan
Setelah pendengaran, perkembangan penglihatan dapat diperhatikan selanjutnya.  Penglihatan bayi menuju sempurna di usia 1 sampai 3 bulan.  Itu sebabnya di usia 3 bulan bayi sudah menunjukkan respon menoleh jika mendengar sesuatu.  Bayi ingin melihat.  Hubungan pendengaran dan penglihatan dapat distimulasi dan deteksi sekaligus dengan mainan bayi yang berbunyi dan bergerak.

3. Bahasa
Bayi yang lahir prematur diyakini akan mengalami keterlambatan bicara.  Selama pendengarannya normal, keterlambatan ini dapat diatasi dengan stimulasi cukup.  Di usia 2 tahun anak dapat mengucapkan beberapa kata dan mengejar ketertinggalan.

4. Psikomotorik
Siklus anak yang tumbuh kembang optimal di usia emas atau balita.  Pencapaian di usia tersebut akan mempengaruhi usia selanjutnya.  Psikomotorik bayi yang terlalu cepat lahir, karena beberapa organ tubuhnya belum berfungsi psikomotoriknya dapat sedikit terlambat.  Bayi mungkin terlambat merangkak, berjalan, dan seterusnya.  Orang tua dapat melatihnya dengan sabar.

5. Kognitif
Ahli kesehatan mengatakan kognitif bayi prematur dapat terhambat, khususnya jika bayi lahir dengan barat badan kurang.  Namun, di masyarakat banyak anak yang mempunyai riwayat prematur mempunyai kecerdasan di atas rata-rata berkat ketekunannya.

6. Emosional
Bayi Anda rewel?  BIsa jadi kelahiran prematur menjadi sebabnya.  Beberapa penelitian menyebutkan bahwa remaja yang dulu lahir prematur cenderung emosinya tidak stabil.  Sejak bayi orang tua harus menstimulasi dan mengajarkan anak mengendalikan dirinya.

Sekian tentang 6 deteksi dini dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan bayi lahir prematur.  Deteksi dini akan mencegah banyak tumbuh kembang negatif, sementara stimulasi akan membantu bayi agar optimal.  Semoga bermanfaat!

Admin
Admin

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment